Thursday, March 09, 2006

APARTEMEN ELYAS


Perjalanan dari bandara menuju maktab tidak terlalu lama, kurang lebih 20 menit sudah sampai. Namun demikian walaupun kita sudah disekitar lokasi maktab, calon jamaah tidak diperkenankan turun terlebih dahulu sampai ada perintah dari pihak maktab. Biasanya pihak maktab akan menurunkan koper kita yang berada diatas bis terlebih dahulu baru mempersilahkan calon jamaah turun dari bis. Alhamdulillah kami menempati Apartemen Elyas yang ternyata digedung tersebut terdapat sebuah restoran yang menjual masakan khas Indonesia mulai dari nasi kuning, soto ayam sampai baso. Sehingga buat saya dan istri yang suka sekali baso tidak sulit-sulit untuk mencarinya. Restoran Mia-Mia namanya yang setiap harinya tidak pernah sepi dari serbuan calon jamaah haji dari Indonesia.
Oh iyya Ada yang perlu diketahui bagi calon jamaah ketika baru tiba di penginapan. Hiruk pikuk calon jamah untuk memasuki apartemen biasanya mulai terjadi disini, karena tidak adanya koordinasi sebelumnya antara Ketua Kloter (termasuk antar Ketua Rombongan) dengan pihak apartemen maka untuk pengaturan kamar sedikit kacau. Pembagian kamar belum disiapkan sejak awal, masing-masing Ketua rombongan harus membooking dan mengambil kunci kamar rombongan masing-masing. Hasilnya, ada dalam satu rombongan satu regu yang harus terpisah lantai dengan regu lainnya karena mendapat kamar di lantai yang berbeda. Tidak hanya sampai disitu ujian awal ketika kita tiba dikota Madinah. Selesai pembagian kamar dan kunci untuk setiap regu selanjutnya kita akan disibukkan dengan pencarian koper kita masing-masing yang entah berada di lantai mana ?. Disinilah regu sudah harus memulai peran untuk saling menolong mencarikan koper milik anggotanya. Alhamdulillah identitas koper saya dan istri cukup jelas dan mudah untuk dicari ditengah tumpukan koper-koper lainnya. Disini terasa pentingnya memberikan tanda-tanda Unik pada koper kita agar mudah dicari.
Tawaran 'memaksa' dari Petugas pengangkut koper juga ada di Apartemen, tetapi harap hati-hati karena biasanya mereka akan dengan tiba-tiba minta baksis/tips yang cukup besar 5 Real. Padahal jarak angkut tidak seberapa jauh. Jadi kalau cukup kuat bawa sendiri saja dan katakan "La" (tidak perlu maksudnya) atau kalaupun ingin minta bantuan cukup beri 1 atau 2 Real saja.

No comments: