Monday, October 30, 2006

# Ziarah di Kota Mekkah


Di sela waktu ibadah di mekkah, rombongan juga melakukan ziarah ke beberapa tempat bersejarah.

- Pemakaman Ma’la
Kalau di Madinah ada makam Baqi, maka di Mekkah juga ada tempat pemakakam yang juga sangat besar yakni Ma’la. Ma’la merupakan tempat pemakaman bagi penduduk mekkah. Termasuk merupakan makam dari Ibunda Khodijah ra, istri pertama Rasul yang begitu mendukung dakwah beliau. Yang pertama menerima dakwah Rasul ketika yang lain menolak. Yang begitu besar kontribusi dana/infaq untuk perjuangan Rasul. Sehingga wajar jika Rasul begitu mencintainya dibanding istri – istri yang lainnya sehingga Aisyah pun cemburu kepadanya. Letak makam Khodijah lebih ke dalam dan memiliki area khusus yang jika kita ingin memasuki perkarangannya melewati terowongan (dibawah jalan raya). Bahkan lokasi pemakamamn Khodijah ini terlihat dari jalan raya karena memang berada disisi jalan besar.

- Masjid Jin – Masjid Kucing – Masjid Ja’ranah
Diantara beberapa masjid bersejarah yang sempat kami kunjungi diantaranya adalah Masjid Jin, Masjid Kucing dan Masjid raya Ja’ronah. Masjid Jin adalah masjid dimana jin berjanji kepada Rasul, letaknya cukup dekat dekat maktab kami. Sehingga beberapa kali sempat saya sholat dzuhur di masjid ini. Adapun masjid Kucing tidak sempat saya merasakan sholat di dalamnya, karena memang lokasinya yang dekat dengan masjidil haram, tepatnya di sekitaran pasar seng. Dan karena rute perjalanan pulang-pergi kami dari maktab ke Masidil Haram melalui jalan ini, maka setiap kali itu juga kami melewati masjid kucing ini.
Sedang Masjid Ja’ronah, adalah masjid yang letaknya lumayan jauh dari masjidil haram. Letaknya kurang lebih 20 Km dari masjidil haram. Ada satu keistimewaan di masjid ja’ronah ini, yaitu dahulu memiliki sumber mata air yang konon airnya ini memiliki keistimewaan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kepercayaan yang berlebihan dan bahkan melebihi air zama-zam, maka sumber air ini pun kemudian ditutup. Tetapi jika kita berkunjung ke sana, maka kita masih mendapatkan anak-anak yang menjual air ja’ranah.

- Jabal Rahmah
Kesempatan kami berkunjung ke tempat ini disebabkan karena beberapa hari lagi menjelang rangkaian ibadah haji dilaksanakan, sehingga kunjungan ini merupakan survei meninjau lokasi yang akan kita datanagi saat haji nanti. Oh iyya Jabal Rahmah merupakan bagian dari Padang Arafah. Di tempat ini konon merupakan tempat bertemunya Nabi Adam As dan Siti Hawa. Sehingga sampai saat ini di yakini sebagai tempat yang mustajab untuk berdo’a khususnya berkenaan dengan permintaan jodoh/pasangan hidup. Maka banyak para jamaah haji yang berdoa di tempat ini agar anak-anaknya diberi kan jodoh yang baik...

No comments: