Wednesday, September 19, 2007

Menunggu Jadwal Pulang



Masih tersisa waktu kami kurang lebih 7 hari berada di Mekkah sebelum kembali ke tanah air. Hari – hari itu kami manfaatkan untuk beribadah di masjidil haram, mencari oleh-oleh dan merapikan koper serta tas agar tertata rapi. Ada satu tempat belanja khusus kami untuk beli sajadah, lokasinya dekat dengan masjid jin. Orang Pakistan yang jual, biasanya saya tawar sebelum membeli bahkan saya sering katakan ”idza isytarii katsir, kam hadza...?” Jika saya beli banyak jadi berapa harganya..?. Kalau sudah begitu biasanya dia turunkan harganya...Alahamdulillah..
Oh iyya.....Kami sempatkan untuk berfoto di Depan Kantor Telkom-nya Saudi (maklum sebagai karyawan Telkom punya juga perhatian terhadap perusahaan yang sama yang ada di negara lain). Namun sepanjang pengamatan kami, tidak terlihat kesibukan yang amat di kantor ini. Bahkan cenderung sepi dari aktifitas layaknya sebuah kantor. 2 Hari menjelang kepulangan, koper kita sudah mulai di timbang dan di angkut terlebih dahulu untuk kemudahan pemeriksaan dan teknis pelaksanaan kepulangan jamaah. Terlihat sekali saat penimbangan, koper para jamaah cenderung semakin gemuk, padat dan menggelembung. Sehingga ada juga yang kena biaya tambahan karena kelebihan berat dari batas maksimal 35 Kg per koper.
Setelah selasai seluruh rangkaian haji.....memang yang ada adalah kerinduan untuk segera kembali ke tanah air untuk berkumpul dengan anak-anak dan keluarga tercinta, maklum jarang-jarang atau malah belum pernah kami meninggalkan anak-anak untuk waktu yang cukup lama (40 hari loh...). Maka ketika koper sudah diangkut, serasa waktu kepulangan sudah semakin dekat.

2 comments:

Unknown said...

Tersentuh sekali Saya membaca pengalaman perjalanan Ibadah Haji anda, terima kasih atas berbagi pengalamannya selama melakukan Rangkaian Ibadah Haji. Semoga Saya kelak Juga bisa memenuhi Rukun Islam yg ke_5 ini atas niat dan Panggilan ALLAH SWT. Amin..

Niela FDZ said...

Aamiin..Semoga disegerakan , atau kembali lagi utk berhaji/umroh 🤲🏻